Tuesday, 25 November 2014

Faktor yang dapat menyebabkan kekufuran

Faktor yang dapat menyebabkan kekufuran

faktor yang menyebabkan kekufuran, penyebab kekufuran, penyebab kufur, contoh kufur, hal penyebab kekufuran

Dalam kitab Sulam at-Taufiq banyak sekali criteria atau golonngan yang dapat menyebabkan pada kekufuran. Bagaimana cara mengetahui cirri-ciri suatu perkara yang dapat menyebabkan kekufuran ?

Cirri-ciri atau tanda perkara yang bisa menyebabkan pada kekufuran adalah segala bentuk keyakinan, perbuatan atau ucapan yang meremehkan atau menghina terhadap Alloh SWT, Nabi-nabiNya, Malaikat-malaikatNya, kitab-kitabnya. Begitu pula pada segala sesuatu yang menjadi syiar agama Allah SWT, seperti ka’bah, atau segala ketetapannya, seperti janji dan ancamannya.
(Is’adur Rofiq, juz 1, hal : 61, cetakan : Alhidayah Surabaya)

“Kesimpulan kebanyakan ungkapan yang dijelaskan oleh dua imam tersebut ialah kembali bahwa setiap keyakinan, perbuatan, dan ucapan yang menunjukkan meremehkannya si pelaku atau menertawakannya terhadap Allah SWT, sesuai dari kitab-kitabnya yang berjumlah 104 yang telah lewat, atau terhadap salah satu nabinya, utusannya, atau para malaikatnya yang telah disepakati ulama, atau salah satu syi’ar-syia’rnya yakni tanda-tanda agamanya, seperti ka’bah dan masjid-masjid, atau sesuatu dari hukum-hukum agamanya, seperti sholat, puasa, haji, dan zakat, atau terhadap sesuatu dari janjinya akan pahala untuk orang yang taat, atau ancamannya terhadap orang yang kafir dan maksiat kepadanya, itu semua menyebabkan kekufuran jika si pelaku bertujuan meremehkan atau menertawakan hal-hal diatas, atau menyebabkan maksiat yang sangat dihukumi haram jika sipelaku tidak bertujuan sebagaimana diatas, bagaimanapun juga, seseorang harus menjauhi semua itu sekuat tenaganya.”

No comments:

Post a Comment