Friday, 19 December 2014

Hukum Mengucapkan Selamat Natal Bagi Orang Islam


Hukum Mengucapkan Selamat Natal Bagi Orang Islam, mengucapkan selamat natal, hukum selamat natal, hukum mengucapkan selamat natal, ucapan selamat natal bagi orang islamHukum Mengucapkan Selamat Natal Bagi Orang Islam - Munculnya problematika yang sering bersinggungan dengan akidah atau syari'ah, memang tidak dapat kita hindari, sebab kita hidup di negara yang beraneka ragam suku, yang tentunya mempunyai tradisi dan adat istiadat sendiri-sendiri, diantaranya perayaan Natal. Oleh karenanya, sebagai langkah antisipasi, kita selalu dituntut untuk bisa menyikapi secara arif dan bijak, agar tidak menjadi polemik dan gejolak bagi masyarakat awam kita.
Pertanyaan :
A. Bagaimana hukumnya mengucapkan selamat natal bagi orang islam terkait dalam tatanan Ukhuwwah basyariyah (toleransi sosial) ?
B. Toleransi yang bagaimanakah yang diajarkan oleh agama terhadap non islam ?
Jawab :
A. Mengucapkan selamat Natal sebagaimana dalam deskripsi, tidak diperbolehkan dengan beberapa pertimbangan ;
- Terdapat unsur memuliakan terhadap non muslim.
- Akan menimbulkan presepsi positif terhadap akidah mereka kepada khalayak umum. Akan tetapi, jika sikap ini justru akan menimbulkan penilaian negatif terhadap Isla, maka diperbolehkan memberikan ucapan selamat Natal. Dengan satu syarat, ucapan tersebut bukan dalam rangka memberikan penghormatan, tetapi demi menampakkan keindahan dan cinta kasih dalam Islam.
B. Toleransi yang hanya sebatas zhahir, artinya tidak sampai menimbulkan ekses menyukai serta tidak menimbulkan presepsi salah di kalangan awam.
Referensi ;
- Tafsir Ar-rozi. Juz 4, hal: 167. Maktabah Syamilah Al-Ishdar Tsani.
- Fatawa Fiqhiyah Kubro. Juz 4, hal: 238. Cetakan Al-Islamiyah.
- Bariqoh Mahmudiyah. Juz 2, hal: 51. Cetakan : Dar Ihyail Kutub Al-'Arobiyah.
- Khasyiyah Jamal. Juz 2. Hal: 119. Cetakan Darul Fikr.

Baca : Makan Hidangan Resepsi Nikah Sampai Kekenyangan

No comments:

Post a Comment