Thursday, 11 December 2014

Tips Hidup Bahagia Dunia Dan Akhirat Menurut Islam

Tips Hidup Bahagia Dunia Dan Akhirat Menurut Islam

Tips Hidup Bahagia Dunia Dan Akhirat Menurut Islam, bahagia dunia dan akhirat, mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, bahagia dunia akhirat, senang dunia akhirat

Mencapai kebahagiaan hidup adalah merupakan keinginan bagi setiap manusia. Karena hal ini adalah merupakan impian dan dambaan hidup manusia. Manusia tidak menginginkan kehidupannya menjadi susah dan penuh dengan masalah. Karena itu ada beberapa cara tips mendapatkan kebahagiaan hidup didunia dan akhirat yang berdasarkan ajaran agama kita yaitu Islam.
Berikut beberapa cara untuk mendapatkan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat yaitu :

      1. Bertaqwa
Allah menjanjikan bagi orang-orang yang bertaqwa, akan dilimpahkan berkah dari langit dan bumi yaitu : “Jika sekitanya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami akan siksa mereka disebabkan perbuatan mereka sendiri. (QS. Al-A’rof : 96).
         Untuk itulah salah satu jalan meraih kebahagiaan hidup ini adalah dengan bertaqwa. Pengertian menurut para ulama, taqwa adalah menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya dosa, dengan cara meninggalkan apa yang dilating, dan hal itu menjadi sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan. (lihat Al-Mufrodat fi Ghoribil Qur’an <hal. 545>).
                Oleh karena itu, orang yang menjaga dirinya dari perbuatan dosa, dan mengabaikan perintah Alloh, maka dia bukanlah termasuk orang yang bertaqwa. Padahal, ketaqwaan itu merupakan kunci kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
                Untuk itulah setiap orang yang menginginkan kebahagiaan dan keluasan rizqi serta kemakmuran hidup, maka hendaknya dia mentaati perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya. Janganlah mencari kebahagiaan dunia akhirat itu dengan cara yang haram, bahkan sampai bersusah payah ke dukun, sebab dukun itu sendiri bersusah payah mencari kebahagiaannya dengan  cara menipu manusia.

b.      2. Banyak beristighfar dan bertaubat.
Istighfar dan taubat merupakan sebab-sebab kebahagiaan dunia dan akhirat dan juga kebahagiaan seseorang dan sebab keluarnya karunia Allah Ta’ala dari langit dan bumi. Sebagaimana yang telah di ucapkan Nabi Nuh –Alaihis.Salam- kepada kaumnya di dalam Al-Qur’an yang artinya: “Maka aku katakana kepada mereka; Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, niscaya Dia akan mengirimkan hujan dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai…” (QS. Nuh: 10-12)
Begitu besar dan banyaknya buah dan manfaat istighfar dan taubat berupa kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Bahkan barang siapa yang ingin diberi kebahagiaan yang terus menerus, maka hendaklah selalu beristighfar dan juga bertaubat.

c.       3. Bersedekah di jalan Allah.
Begitu banyak manfaat dan keutamaan bersedekah ini. Beberapa manfaat keutamaan sedekah ini adalah mempererat tali silaturahmi dan juga merupakan salah satu jalan untuk menyambung silaturahim antara sesame manusia, sedekah dapat melapangkan kesempitan, menghentikan dari meminta-minta, membantu orang ynagg lapar menjadi kenyang, memberikan kegembiraan pada anak kecil, menyenangkan hati orang dewasa dan menciptakan kebahagiaan di tengah-tengah kaum muslimin.
Allah berjanji akan menggentikan apa saja yang diinfakkan dijalannya. Sedangkan janji Allah adalah benar, tidak ada keraguan di dalamnya. Karenanya, seyogyanya kaum muslimin berlomba untuk meraihnya, dan jangan takut dan ragu terhadap janji Allah, saat setan menakut-nakutimu dengan kefakiran.
Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan cara mendapatkan kebahagiaan hidup dunia maupun akhirat kelak. Semoga bisa memberikan manfaat. Aamiin…!!!

No comments:

Post a Comment